Selasa, 07 April 2009

Anda suka memelihara ikan?

Manfaat Kotoran ikan

Hewan apa yang paling banyak hidup dilaut? Jawabanya tentu ikan. Menurut ilmuwan ikan juga yang menentukan baik tidaknya kualitas air laut.

Kotoran ikan ternyata dapat mengendalikan sirklus karbon diair laut sehingga tahan terhadap perubahan iklim. Populasi ikan menghasilkan kotoran yang mengandung karbon anorganik, kalsium karbonat dengan kadar yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk megendalikan keasaman air laut.

Selain mengendalikan keasaman air laut, kalsium karbonat yang berbentuk putih seperti kapur juga berguana untuk mendukung ekosistem laut dan pembentukan terumbu karang.“senyawa tersebut membatu pengendalian jumlah karbon dioksida yang diserap lautan dari atmosfer pada masa depan” ujar Villy Christensen dari University British Columbia yang melaporan penelitiannya dalam jurnal Science terbarunya seperti dilansir reuters.

Selama ini, sumber kalsium karbonat diketahui berasal dari renik plankton. Namun ternyata kotoran ikan menyumbang 3-15% kalsium karbonat dilaut atau sekitar 11 juta ton per tahun. Itupun baru bony fish, sekelompok ikan yang bertulang keras. Bony fish mewakili 90% populasi ikan di samudra. Hiu dan pari tidak termasuk kelompok ini. “populasi bony fish yag diperkirakan antara 812 juta hingga 2 miliar ekor, menekan perubahan iklim melaui siklus karbonnya” ujar Christensen.

Karena perubahan iklim semakin meningkat peranan ikan sangat penting dalam mengendalikan siklus kimia lautan dimasa depan.

So mari jaga laut dan ekosistemnya agar dunia ini tidak cepat rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar