Selasa, 07 April 2009

Manfaat Energi Matahari

Powercube

(pembangkit listrik tenaga matahari)

Sinar matahari yang melimpah ini banyak dimanfaatkan sebagai energi alternative yaitu energi sebagai pengganti energi yang berasal dari fosil.

Selama ini energi yang dihasilkan oleh energi matahari kapasitasnya msih terbatas. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan generator.

Inovasi yang dikembangkan oleh Lyman-Morse telah menciptakan powercube. Powercube adalah generator yang menggunakan energi matahari sebagai sumber tenaganya.

Tujuan utama dibuat generator dengan tenaga matahari adalah untuk memenuhi kebutuhan militer dilapangan, karena sulit bagi mereka untuk mencari sumber listrik.

Powercube dapat menghasilkan energi hingga 600 watt apabila mendapatkan sinar matahari yang baik dan dengan menggunkan baterai tambahan, powercube dapat menghasilkan energi hingga 3,5 kilowatt.

Selain dengan sinar matahari powercube juga bisa dikombinasikan dengan teknologi ramah lingkungan lainya seperti wind powered (energi listrik yang dihasikan oleh angin). Kelebihan lainnya material yang digunakan terbuat dari fibreglass sehingga jauh lebih ringan apabila dibandingkan dengan generator yang ada saat ini dengan kapasitas yang sama.

Power cub akan dilepas kepasaran dengan harga USD 27.000 untuk 600 watt dan USD 37.000 untuk kapasitas yang lebih besar.

So mari kita berinovasi dan berkreativitas untuk sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. karena inovasi dan kreativitas kita juga akan dihargai oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar