Selasa, 07 April 2009

ingin komputer high end but harga low end?

Over clock

Mungkin istilah ini tidak asing bagi anda yang suka bermain dengan computer.

Tahukah anda tujuan dari overclock?

Ya…tujuan dari overclock adalah untuk meningkatkan kinerja komputer agar bisa bekerja lebih cepat, lebih kencang, lebih keras, lebih, lebih dan lebih.

Apalagi dalam krisis ekonomi yang sekarang ini, dengan kurs rupiah terhadap dollar yang semakin melemah membuat harga kmponen computer selangit. Salah satu cara agar computer kita bisa bekerja lebih cepat, lebih kencang, lebih keras adalah dengan overclock.

Tapi tidak semua komponen computer bisa di overclock, hanya komonen-kompoen tertentu saja yang bisa ditingkatkan kinerjanya yaitu:

1. Prosesor

Tujuan overclock pada prosesor tidak lain dalah untuk meningkatkan clock speed computer tersebut. Misalnya clock speed computer kita 2 Ghz kita tingkatkan menjadi 2,6Ghz. Tentu cara ini lebih menghemat biaya karena kita bisa mendapatkan kinerja prosesor dengan harga USD 200, tapi kita cukup mengeluarkan biaya USD 180.

2. Mother board

Tujuan overclok motherboard (mobo) adalah untuk meingkatkan kecepatan PCI, PCI express ataupun FSB.

3. VGA

Tujuan overcock VGA adalah utuk meningkatkan kecepatan chip inti (core clock) VGA tersebut. Sehingga kita bisa mendapatkn kulitas grafis yang bagus dengan harga yang relative murah.

4. Memory

Tujuannya untuk meningkatkan frekuensi memory lebih dari standard.

Hanya mobo tertentu yang bisa dioverclock. Ketika kita mengoverclock mobo secara tidak langsug kita juga maningkatkan kinerja prsesor dan memory tapi tidak untuk VGA, karena VGA sifatnya indepeden.

So walaupun mobonya tidak bisa dioverclcok tapi kita tetap bisa mengoverclock VGA-nya.

Anda tertarik untuk mencobanya?

Sebaiknya jangan anda lakukan sebelum ada benar-benar paham apa yang harus anda lakukan ketika overclock dan kerusakan akibat overclock menghapus garansi dari pabrik pembuat komonen tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar