Selasa, 07 April 2009

Lulus ujian=Bimbel?

Lulus tanpa bimbel, bisa gak ya?

Bimbingan belajar atau bimbel semakin populer dikalangan pelajar saat ini. Bagaimana tidak, dengan mengikuti bimbel kita bisa mengulang pelajaran yang sebelumnya diajarkan disekolah. Bahkan bisa mendapatkan materi yang belum diajarkan disekolah.

Memang bimbel dapat memberikan keuntungan, kita lebih rajin mengulang pelajaran-pelajaran yang ada disekolah. Sehingga bisa mendapatkan nilai bagus tapi tidak semua siswa mampu mengikuti bimbel, melihat biaya untuk bimbel relative mahal.

Bimbel biasanya banyak diminati siswa ketika menjelang UN (ujian nasional) begitu juga untuk siswa yang akan mengikuti seleksi mahasiswa baru.

Tetapi apakah bimbel itu penting?

Apabila kita memerlukanya untuk menigkatkan kemampuan kita dan kita mampu dalam segi materil, why not?

Tetapi menurut kalau kita belajar disekolah sudah cukup atau orang tua kita tidak bisa membiayainya, rasanya tidak perlu untuk memaksakan mengikuti bimbel.
yang penting adalah motivasi kita untuk meningkatkan kualitas belajar kita ”where there is a will, there is a way”.

Peningkatan prestasi tidak perlu harus mengikuti berbagai bimbel,
Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menigkatkan kemampuan kita tanpa harus ikut bimbel:

Mengevaluasi pola belajar kita sebelumnya, apakah sudah baik atau jangan-jangan pola belajar kita salah. Biasakanlah belajar walaupun tidak ada tugas.
• Hindari SKS (system kebut semalam) system belajar yang seperti ini kan membuat kita cepat lupa. Karena kita terlalu tergea-gesa dalam menghafal materi yang begitu banyak.
• Selalu perhatikan ketika guru ketika sedang menerangkan dan segera tanyakan apabila tidak ada yang anda pahami.
• Banyak-bayaklah berlatih agar kita selalu ingat.
• Buatlah kelompok belajar agar kita bisa sharing dengan teman-teman kita mengenai pelajaran yang tidak bisa dipahami.
• Berdoalah karena usaha tanpa diiringi doa sia-sia, kita sebagai manusia hanya bisa berusaha selebihnya tuhan yang menentukan.

Cara-cara tersebut mungkin sepele tapi jika kita mencobanya akan terasa sulit, apalagi untuk kita yag belum terbiasa. Tatapi jika kita sungguh-sungguh melakukannya, bukan tidak mugkin kita akan menjadi siswa yang berprestasi. Tidak hanya kita yag bangga tapi orang tua, teman-teman dan saudara kita akan bangga dengan kita.

Buktikan kalau anda bisa berprestasi tanpa harus mengikuti bimbel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar